PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN DAN SOSIALISASI BUKU PANDUAN XII SIMLITABMAS

               Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Ambon, Rabu 6 Juni 2018 kembali melakukan kegiatan ilmiah di ruang rapat Polnam dengan judul kegiatan “Pelatihan metodologi dan Sosialisasi Buku Panduan XII Simlitabmas. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur IV, Ibu Fauzia Tutupoho, SE,MSi yang dalam sambutannya menekankan kepada dosen Polnam akan pentingnya pelatihan ini dalam menunjang tugas utama dosen yaitu tridharma perguruan tinggi.

               Materi Pelatihan Metodologi Penelitian disampaikan oleh Dr. Dian Utami Sutiksno, SE, MSi  dari Jurusan Administrasi Niaga Polnam, sedangkan Materi Sosialisasi Buku Panduan XII Simlitabmas oleh Kepala P3M Polnam Dr. Dwi Hariyanti, SE, MM, Ak, CA. Buku Panduan Edisi XII ini disusun sesuai dengan perkembangan regulasi terkait dengan pelaksanaan penelitian di Indonesia. Pertanggungjawaban biaya penelitian berbasis luaran diatur dengan mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia tentang Standar Biaya Keluaran yang berlaku. Dengan pertanggungjawaban berbasis luaran diharapkan dosen dapat lebih termotivasi untuk memenuhi target luaran yang dijanjikan. Di sisi lain, dosen juga lebih terpacu untuk mengoptimalkan produktivitas luaran penelitian dengan menargetkan luaran tambahan.

Meskipun behun sepenuhnya sempurna, Buku Panduan ini juga memberikan arahan penelitian mengikuti bidang fokus, tema, dan topik riset yang tertuang di dalam RIRN (Rencana Induk Riset Nasional). Selain itu, secara lebih eksplisit Buku Panduan ini mengakomodasi isu Gender Equity and Social Inclusion (GESI) dengan menambahkan tema dan topik yang relevan untuk setiap bidang fokus. Selain itu setiap usulan penelitian yang didanai hams menargetkan capaian Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT). Dengan terhimpunnya data TKT setiap kegiatan riset, akan memudahkan pemetaan potensinya ke arah hilirisasi dan komersialisasi hasil riset. Selain itu penggunaan Sinta sebagai media pengukur produktivitas riset dan pengabdian juga dioptimalkan dengan menggunakan Sinta ID dalam akses pendanaan melalui Simlitabmas.

Materi Kegiatan:

  1. Materi PPT DIAN Untuk P3M 6 JUNI 2018

  2. DWI SOSILAISASI BK XII DI POLNAM

  3. GALERI FOTO

2 thoughts on “PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN DAN SOSIALISASI BUKU PANDUAN XII SIMLITABMAS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *