Pelatihan Metodologi Pengabdian Masyarakat dan Strategi Memperoleh Hak Paten

              

             Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Polnam Ambon, Kamis 7 Juni 2018 kembali mengadakan kegiatan dengan judul Pelatihan Metodologi Pengabdian Masyarakat dan Strategi Memperoleh Hak Paten. Kegiatan ini diikuti oleh para dosen dan PLP di lingkungan Polnam. Materi Strategi Memperoleh Hak Paten dibawakan oleh Bp.La Margono, SH, MH  Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Maluku dan  Materi Metodologi Pengabdian Masyarakat diberikan Oleh Dr.Zany Aunalal, SE, MSc dari Jurusan Administrasi Niaga Polnam.

             Pada kesempatan ini Bp. Margono mengungkapkan bahwa pada dasarnya Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.  Paten meliputi: Paten; dan Paten sederhana. Paten diberikan untuk Invensi yang baru, mengandung langkah inventif, dan dapat diterapkan dalam industri, sedangkan Paten sederhana diberikan untuk setiap Invensi baru, pengembangan dari produk atau proses yang telah ada, dan dapat diterapkan dalam industri. Dr. Zany dalam materi Metodologi Pengabdian Masyarakat mengemukakan bahwa  Tujuan PPM Perguruan tinggi antara lain adalah untuk :

  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan Permenristekdikti No.44 tahun 2015 tentang Standart Nasional Pendidikan Tinggi

  • Mengembangkan model pemberdayaan masyarakat

  • Meningkatkan kapasitas pengabdian kepada masyarakat

  • Memberikan solusi berdasarkan kajian akademik, atas kebutuhan, tantangan atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung

  • Melakukan kegiatan yang mampu memberdayakan masyarakat pada semua strata, secara ekonomi, politik, sosial dan budaya

  • Melakukan alih teknologi, ilmu, dan seni kepada masyarakat untuk pengembangan martabat manusia berkeadilan gender dan inklusi sosial serta kelestarian sumber daya alam.

Para dosen dan PLP sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena baru pertama kalinya kegiatan yang terkait dengan hak paten ini dilakukan di Polnam mengingat banyak karya-karya penelitian dari dosen polnam yang layak dan seharusnya sudah didaftarkan hak patennya.  Mudah-mudahan diwaktu yang tidak terlalu lama para dosen ini sudah mendaftarkan karya-karyanya di Kementerian Hukum Dan Ham Maluku.

MATERI  KEGIATAN

  1. Materi Strategi Memperoleh Hak Paten dibawakan oleh Bp.La Margono, SH, MH

  2. Materi Metodologi Pengabdian Masyarakat  Oleh Dr.Zany Aunalal, SE, MSc

  3. Galeri Foto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *