KEGIATAN

Pelatihan Metodologi Pengabdian Masyarakat dan Strategi Memperoleh Hak Paten

              

             Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Polnam Ambon, Kamis 7 Juni 2018 kembali mengadakan kegiatan dengan judul Pelatihan Metodologi Pengabdian Masyarakat dan Strategi Memperoleh Hak Paten. Kegiatan ini diikuti oleh para dosen dan PLP di lingkungan Polnam. Materi Strategi Memperoleh Hak Paten dibawakan oleh Bp.La Margono, SH, MH  Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Maluku dan  Materi Metodologi Pengabdian Masyarakat diberikan Oleh Dr.Zany Aunalal, SE, MSc dari Jurusan Administrasi Niaga Polnam.

             Pada kesempatan ini Bp. Margono mengungkapkan bahwa pada dasarnya Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.  Paten meliputi: Paten; dan Paten sederhana. Paten diberikan untuk Invensi yang baru, mengandung langkah inventif, dan dapat diterapkan dalam industri, sedangkan Paten sederhana diberikan untuk setiap Invensi baru, pengembangan dari produk atau proses yang telah ada, dan dapat diterapkan dalam industri. Dr. Zany dalam materi Metodologi Pengabdian Masyarakat mengemukakan bahwa  Tujuan PPM Perguruan tinggi antara lain adalah untuk :

  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan Permenristekdikti No.44 tahun 2015 tentang Standart Nasional Pendidikan Tinggi

  • Mengembangkan model pemberdayaan masyarakat

  • Meningkatkan kapasitas pengabdian kepada masyarakat

  • Memberikan solusi berdasarkan kajian akademik, atas kebutuhan, tantangan atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung

  • Melakukan kegiatan yang mampu memberdayakan masyarakat pada semua strata, secara ekonomi, politik, sosial dan budaya

  • Melakukan alih teknologi, ilmu, dan seni kepada masyarakat untuk pengembangan martabat manusia berkeadilan gender dan inklusi sosial serta kelestarian sumber daya alam.

Para dosen dan PLP sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena baru pertama kalinya kegiatan yang terkait dengan hak paten ini dilakukan di Polnam mengingat banyak karya-karya penelitian dari dosen polnam yang layak dan seharusnya sudah didaftarkan hak patennya.  Mudah-mudahan diwaktu yang tidak terlalu lama para dosen ini sudah mendaftarkan karya-karyanya di Kementerian Hukum Dan Ham Maluku.

MATERI  KEGIATAN

  1. Materi Strategi Memperoleh Hak Paten dibawakan oleh Bp.La Margono, SH, MH

  2. Materi Metodologi Pengabdian Masyarakat  Oleh Dr.Zany Aunalal, SE, MSc

  3. Galeri Foto

PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN DAN SOSIALISASI BUKU PANDUAN XII SIMLITABMAS

               Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Ambon, Rabu 6 Juni 2018 kembali melakukan kegiatan ilmiah di ruang rapat Polnam dengan judul kegiatan “Pelatihan metodologi dan Sosialisasi Buku Panduan XII Simlitabmas. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur IV, Ibu Fauzia Tutupoho, SE,MSi yang dalam sambutannya menekankan kepada dosen Polnam akan pentingnya pelatihan ini dalam menunjang tugas utama dosen yaitu tridharma perguruan tinggi.

               Materi Pelatihan Metodologi Penelitian disampaikan oleh Dr. Dian Utami Sutiksno, SE, MSi  dari Jurusan Administrasi Niaga Polnam, sedangkan Materi Sosialisasi Buku Panduan XII Simlitabmas oleh Kepala P3M Polnam Dr. Dwi Hariyanti, SE, MM, Ak, CA. Buku Panduan Edisi XII ini disusun sesuai dengan perkembangan regulasi terkait dengan pelaksanaan penelitian di Indonesia. Pertanggungjawaban biaya penelitian berbasis luaran diatur dengan mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia tentang Standar Biaya Keluaran yang berlaku. Dengan pertanggungjawaban berbasis luaran diharapkan dosen dapat lebih termotivasi untuk memenuhi target luaran yang dijanjikan. Di sisi lain, dosen juga lebih terpacu untuk mengoptimalkan produktivitas luaran penelitian dengan menargetkan luaran tambahan.

Meskipun behun sepenuhnya sempurna, Buku Panduan ini juga memberikan arahan penelitian mengikuti bidang fokus, tema, dan topik riset yang tertuang di dalam RIRN (Rencana Induk Riset Nasional). Selain itu, secara lebih eksplisit Buku Panduan ini mengakomodasi isu Gender Equity and Social Inclusion (GESI) dengan menambahkan tema dan topik yang relevan untuk setiap bidang fokus. Selain itu setiap usulan penelitian yang didanai hams menargetkan capaian Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT). Dengan terhimpunnya data TKT setiap kegiatan riset, akan memudahkan pemetaan potensinya ke arah hilirisasi dan komersialisasi hasil riset. Selain itu penggunaan Sinta sebagai media pengukur produktivitas riset dan pengabdian juga dioptimalkan dengan menggunakan Sinta ID dalam akses pendanaan melalui Simlitabmas.

Materi Kegiatan:

  1. Materi PPT DIAN Untuk P3M 6 JUNI 2018

  2. DWI SOSILAISASI BK XII DI POLNAM

  3. GALERI FOTO

SOSIALISASI BUKU PANDUAN PNBP 2018

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Polnam Senin 30 April 2018 melakukan kegiatan sosialisasi buku panduan penelitian dan pengabdian masyarakat yang didanai oleh PNBP Politeknik Negeri Ambon tahun 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Bp. Abraham Manuhuttu, ST,MT dalam sambutanya Wadir 3 menyampaikan bahwa pentingnya pelaporan keuangan penelitian dan pengabdian masyarakat perlu mengacu pada Peraturan  Mentri Keuangan.  Untuk materi ini (Peraturan  Mentri Keuangan, Red)   direncanakan yang menyampaikannya adalah dari bagian Satuan Pengawas Internal (SPI) Polnam, namun sangat disayangkan materi yang sangat penting bagi dosen dan PLP sebagai peneliti tidak dapat disampaikan karena Ketua dan Anggota SPI berhalangan hadir dalam kegiatan ini.

Untuk penelitian dan pengabdian masyarakat yang didanai oleh PNBP Politeknik Negeri Ambon tahun 2018 ini tidak hanya dosen yang diikut sertakan namun juga PLP. Untuk materi terkait PLP dalam kegiatan ini sebagai narasumber Ibu Rina Manuhutu, ST, MT Ibu Rina menyapaikan materi tentang  peran PLP sebagai peneliti dan pengabdi. Kegiatan ini diperutukan untuk semua dosen dan PLP dilingkungan Polnam, namun yang hadir hanya 46 orang dosen dan PLP.

MATERI :

  1. BUKU PANDUAN PPM PNBP  TAHUN 2018

  2. Materi peran PLP sebagai peneliti dan pengabdi

  3. SOSIALISASI BUKU PANDUAN PNBP 

  4. STANDAR BIAYA MASUKAN TAHUN ANGGARAN 2 0 1 8

 

Focus Group Discussion (FGD) Revisi Rencana Induk Penelitian dan Renstra Pengabdian Masyarakat Polnam

Focus Group Discussion (FGD) Revisi Rencana Induk Penelitian dan Renstra Pengabdian Masyarakat Polnam

Pusat penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Polnam (Selasa 17 April 2018), kembali melakukan suatu kegiatan Revisi Rencana Induk Penelitian dan Renstra Pengabdian Masyarakat kegiatan ini dimaksudkan untuk menyatukan persepsi dari kelima jurusan yang ada di polnam terkait topik-topik penting dan diutamakan dari masing-masing jurusan dan akan dijadikan pokok penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan PLP dilingkungan Polnam. Kegiatan ini dibuka oleh direktur Polnam Bpk Dady Mairuhu, ST,MM,  sementara itu Wakil Direktur 1 Bpk Julius Buyang ST,MT memberikan sambutan terkait kegiatan ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh 44 dosen dari kelima jurusan di Polnam dan berlangsung satu hari.  Dari diskusi yang terjadi, hanya dihasilkan Revisi RIP penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) Polnam sedangkan Restra P2M akan dilakukan setelah Restra Polnam rampung dan RIP P2M akan mengikuti Renstra Polnam.

 

GALERY FOTO KEGIATAN

 

 

Launching dan Workshop Open Journal System Polnam

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Selasa 28 November 2017 meluncurkan  Jurnal online yang berbasis Open Journal System (OJS) dan workshop OJS bagi kalangan dosen dilingkungan Politeknik Negeri Ambon, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Polnam DJON KAFIANE ELWARIN, ST, M.Eng dan Kepala P3M Polnam Dr. DWI HARIYANTI, SE, MM, Ak, CA . Acara ini diikuti oleh 8 peserta perwakilan dari 5 jurusan  yang terdiri dari 4 dosen lektor kepala dan 4 dosen lektor, ketua jurusan, dan para wadir.  Ada dua jurnal berbasis OJS yaitu jurnal  Simetrik  (Teknik Mesin, Sipil dan Elektro dan Jurnal Maneksi. (Akuntansi dan Adminitrasi Niaga)

Jurnal online atau jurnal dalam format elektronik merupakan salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola jurnal. Selain faktor efektifitas pengelolaan dan manajemen jurnal, sebagian besar platform jurnal online juga bersifat open source dan gratis. Salah satu platform jurnal online yang banyak digunakan dan cukup andal adalah OJS (Open Journal System). OJS atau Open Jurnal System merupakan salah satu produk open source dari PKP (Public Knowlegde Project) yang khusus digunakan untuk mengelola jurnal online. Karena bersifat open source dengan lisensi GPL (General Public License), maka software ini dapat digunakan oleh siapa saja untuk belajar, meneliti dan mengubahnya. Aplikasi ini sangat kompatibel dengan mesin pencari Google begitu juga Google Scholar-nya sehingga artikel yang dimuat pada jurnal online yang memakai OJS akan terindeks oleh Google lebih baik.

Materi:

  1. Materi TUTORIAL PENGGUNAAN OJS

  2. Persiapan GS & Sinta

  3. GoogleScholar

  4. REGISTRASI SINTA

Monev Internal Penelitian PNBP & Laporan Perkembangan Pengabdian PNBP

Dari: Kepala P3M POLNAM
Ditujukan kepada: Bapak/ibu peneliti PPM tahap-1 dana PNBP 2017
Isi pemberitahuan:
Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan penelitian & pengabdian masyarakat yang telah dan sementara dilakukan, maka dengan ini kami sampaikan pemberitahuan sekaligus undangan kepada:
1. Bpk/ibu yang terlibat dalam Kegiatan Penelitian PNBP, utk menghadiri kegiatan monev internal dengan menyertakan laporan perkembangan (3 rngkp) yang akan dilaksanakan pada:
Hari/Tgl: Jumat, 13 Oktober 2017
Jam: 09.00 WIT s.d selesai
Tempat: Ruang Rapat POLNAM

 

2. Bpk/ibu dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, utk memasukkan laporan perkembangan (3 rngkp) pada hari Jumat, 13 Oktober 2017.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian & kerjasamanya diucapkan terima kasih.

PANDUAN PENELITIAN

PANDUAN PENGABDIAN

 

 

 

UNDANGAN RAPAT

Kepada Bpk/Ibu Dosen yang mengikuti Penelitian dan Pengabdian Masyarakat DESA BINAAN yang didana PNBP Polnam thn 2017, Kami P3M mengundang Bpk/Ibu untuk mengikuti rapat terkait dengan kegiatan masing-masing pada Desa Binaan, Rapat ini akan dilaksanakan pada:

Hari      : Jumat,  18 Agustus 2017

Jam      : 09:00 WIT

Tempat : Ruang Rapat Polnam

Dimohon  kehadirannya baik ketua maupun anggota, Demikian  atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Kepala P3M Polnam

 

 

PENGUMUMAN MONEV PNBP

Yth. Kepada Bapak/Ibu dosen yang mengikuti Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang didanai PNBP Polnam 2017 tahap 1, Dalam rangka kegiatan MONEV P3M maka diharapkan utk segera memasukan jadwal kegiatan masing-masing ke  Ibu Nina untuk penelitian dan Ibu Heni untuk pengabdian paling lambat tanggal 18 Agustus 2017, Jam, 12 siang.

Jadwal kegiatan dapat dimasukan dalam bentuk MS Word, melalui Whatsapp Ibu Nina dan Ibu Heny dibawah ini:

Ibu  Nina : 081240006446,   Ibu Heny : 081343299914

NB: Mohon dibuatkan undangan resmi ke P3M untuk monitoring kegiatan

Terima kasih