KEGIATAN

Launching dan Workshop Open Journal System Polnam

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Selasa 28 November 2017 meluncurkan  Jurnal online yang berbasis Open Journal System (OJS) dan workshop OJS bagi kalangan dosen dilingkungan Politeknik Negeri Ambon, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Polnam DJON KAFIANE ELWARIN, ST, M.Eng dan Kepala P3M Polnam Dr. DWI HARIYANTI, SE, MM, Ak, CA . Acara ini diikuti oleh 8 peserta perwakilan dari 5 jurusan  yang terdiri dari 4 dosen lektor kepala dan 4 dosen lektor, ketua jurusan, dan para wadir.  Ada dua jurnal berbasis OJS yaitu jurnal  Simetrik  (Teknik Mesin, Sipil dan Elektro dan Jurnal Maneksi. (Akuntansi dan Adminitrasi Niaga)

Jurnal online atau jurnal dalam format elektronik merupakan salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola jurnal. Selain faktor efektifitas pengelolaan dan manajemen jurnal, sebagian besar platform jurnal online juga bersifat open source dan gratis. Salah satu platform jurnal online yang banyak digunakan dan cukup andal adalah OJS (Open Journal System). OJS atau Open Jurnal System merupakan salah satu produk open source dari PKP (Public Knowlegde Project) yang khusus digunakan untuk mengelola jurnal online. Karena bersifat open source dengan lisensi GPL (General Public License), maka software ini dapat digunakan oleh siapa saja untuk belajar, meneliti dan mengubahnya. Aplikasi ini sangat kompatibel dengan mesin pencari Google begitu juga Google Scholar-nya sehingga artikel yang dimuat pada jurnal online yang memakai OJS akan terindeks oleh Google lebih baik.

Materi:

  1. Materi TUTORIAL PENGGUNAAN OJS

  2. Persiapan GS & Sinta

  3. GoogleScholar

  4. REGISTRASI SINTA

Monev Internal Penelitian PNBP & Laporan Perkembangan Pengabdian PNBP

Dari: Kepala P3M POLNAM
Ditujukan kepada: Bapak/ibu peneliti PPM tahap-1 dana PNBP 2017
Isi pemberitahuan:
Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan penelitian & pengabdian masyarakat yang telah dan sementara dilakukan, maka dengan ini kami sampaikan pemberitahuan sekaligus undangan kepada:
1. Bpk/ibu yang terlibat dalam Kegiatan Penelitian PNBP, utk menghadiri kegiatan monev internal dengan menyertakan laporan perkembangan (3 rngkp) yang akan dilaksanakan pada:
Hari/Tgl: Jumat, 13 Oktober 2017
Jam: 09.00 WIT s.d selesai
Tempat: Ruang Rapat POLNAM

 

2. Bpk/ibu dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, utk memasukkan laporan perkembangan (3 rngkp) pada hari Jumat, 13 Oktober 2017.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian & kerjasamanya diucapkan terima kasih.

PANDUAN PENELITIAN

PANDUAN PENGABDIAN

 

 

 

UNDANGAN RAPAT

Kepada Bpk/Ibu Dosen yang mengikuti Penelitian dan Pengabdian Masyarakat DESA BINAAN yang didana PNBP Polnam thn 2017, Kami P3M mengundang Bpk/Ibu untuk mengikuti rapat terkait dengan kegiatan masing-masing pada Desa Binaan, Rapat ini akan dilaksanakan pada:

Hari      : Jumat,  18 Agustus 2017

Jam      : 09:00 WIT

Tempat : Ruang Rapat Polnam

Dimohon  kehadirannya baik ketua maupun anggota, Demikian  atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Kepala P3M Polnam

 

 

PENGUMUMAN MONEV PNBP

Yth. Kepada Bapak/Ibu dosen yang mengikuti Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang didanai PNBP Polnam 2017 tahap 1, Dalam rangka kegiatan MONEV P3M maka diharapkan utk segera memasukan jadwal kegiatan masing-masing ke  Ibu Nina untuk penelitian dan Ibu Heni untuk pengabdian paling lambat tanggal 18 Agustus 2017, Jam, 12 siang.

Jadwal kegiatan dapat dimasukan dalam bentuk MS Word, melalui Whatsapp Ibu Nina dan Ibu Heny dibawah ini:

Ibu  Nina : 081240006446,   Ibu Heny : 081343299914

NB: Mohon dibuatkan undangan resmi ke P3M untuk monitoring kegiatan

Terima kasih

PELATIHAN METODOLOGI DAN PENGENALAN PENELITIAN SKIM INSINAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Ambon (Polnam), Selasa 8 Agustus 2017 melakukan pelatihan metodologi dan pengenalan penelitian SKIM Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (INSINAS) kepada dosen, PLP dan laboran dilingkungan Polnam. Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta dari lima jurusan yang masing-masing jurusannya mengirim 3 dosen dan 3 PLP/Laboran.  Direktur Polnam Bpk Djon Kafiane Elwarin, ST, M.Eng  dalam membuka pelatihan ini mengatakan bahwa dosen memiliki kewajiban utama dalam penelitian dan pengabdian masyarakat karena termasuk dalam tri dharma perguruan tinggi, dan seharusnya dilakukan tiap semester atau setiap tahun. Bagi dosen dengan jabatan fungsional lektor kepala dan profesor, wajib memasukan jurnal terakreditasi minimal 3 jurnal dalam 3 tahun, bila tidak, tunjangan profesinya atau serdos akan dipotong.

Kepala P3M Polnam Dr. DWI HARIYANTI, SE, MM, Ak, CA dalam sambutannya mengatakan bahwa penelitian Skim Insinas merupakan skim relatif baru dan bisa diikuti oleh bukan hanya dosen namun juga oleh PLP dan Laboran. Nilai penelitian ini cukup mengiurkan yaitu kisaran 50 juta sampai 5 milyar dalam bentuk pengelolaan individu, kemitraan riset dan konsorsium riset.

Narasumber dalam pelatihan ini yaitu kapala P3M Polnam, Dr.Ir.Wolter Robert Hetaria MASC dan Dr.Jantje Eduard Lekatompesy, SE, MSi, AK,CA

Materi Pelatihan:

  1. Narasumber Dr. DWI HARIYANTI, SE, MM, Ak, CA. Unduh disini
  2. Dr.Ir.Wolter Robert Hetaria MASC. Unduh disini
  3. Dr.Jantje Eduard Lekatompesy, SE, MSi, AK,CA. Unduh disini

P E N G U M U M A N

P E N G U M U M A N

No.231/PL13/P3M/2017

 

Diberitahukan kepada Bpk/Ibu dosen di lingkungan Politeknik Negeri Ambon bahwa Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyrakat (P3M)  memperpanjang waktu untuk dapat memasukan kembali proposal pengabdian masyarakat dana PNBP tahap II paling lambat Kamis, 20 Juli 2017 jam 12.00 WIT di bagian pengabdian masyarakat P3M.

Demikian pemberitahuan ini, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

                                                                                                                   Ambon, 18 Juli 2017

                                                                                    Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

 

                                                                                                          Dr. Dwi Hariyanti, SE,MM,Ak,CA

                                                                                                                NIP. 19760704 200312 2 001

P3M Polnam lakukan Seminar Proposal PNBP

Ambon, Rabu 7 Juni 2017, Bertempat di ruang rapat Politeknik Negeri Ambon, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) melakukan Seminar proposal PNBP. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yaitu dari tanggal 7 dan 8 Juni 2017. Untuk pembiayaan tahun 2017 ini terdapat 25 kuota untuk penelitian dan 25 kuota untuk pengabdian masyarakat.

Penilaian proposal PNBP kali ini dilakukan dalam 2 tahapan, tahap pertama penilaian Desk Evaluation  dan tahap kedua adalah tahap seminar proposal. Tahap Desk evaluation untuk penelitian diikuti oleh 34 peserta dan seluruhnya masuk ketahapan seminar proposal, sedangkan untuk pengabdian masyarakat tahapan desk evaluasi diikuti oleh 27 peserta dan masuk ke tahapan seminar proposal sebanyak 22 peserta. Ini berarti ada 5 peserta yang tidak lolos ke tahap seminar proposal. Pintu P3M Polnam terbuka bagi peserta yang tidak lolos untuk berkonsultasi atau mengetahui dimana kesalahan, apa yang harus diperbaiki agar dapat dimasukkan lagi pada tahun depan ujar Dr. Dwi Hariyanti, SE,MM,AK,CA sebagai Kepala P3M Polnam.